Utung Besar dari Usaha Kuliner Es Buah

Es buah merupakan minuman yang terbuat dari irisan aneka buah misalnya kolang-kaling, agar-agar, rumput laut yang dicampur dengan sirup, air gula, es serut dan susu kental manis. Minuman ini pas untuk dikonsumsi pada siang hari pada saat cuaca lagi panas.

a. Produk
Aneka buah yang sering diolah untuk membuat es buah ialah mangga, strawberi, alpukat, blewah, nangka, melon dan buah kelapa muda. Bahan tambahannya dapat memakai agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling. Gunakan aneka buah dan bahan tambahan yang bermutu dan masih segar.

Bahan-bahan es buah banyak tersedia di pasar tradisional atau di supermarket. Bahan buah juga bisa didapat langsung dari penyedia buah. Selain karena harganya lebih murah dan kualitas lebih terjaga.

b. Tempat
Dalam menentukan tempat kalau bisa temukan lokasi yang ramai, contohnya di pinggir jalan, berdekatan dengan perumahan, perkantoran, sekolah atau universitas. Pastikan lokasi berjualan berada pada tempat yang gampang terlihat dan sering dilewati orang-orang.
Usaha es buah dapat dijalankan sendiri. Tapi, apabila jumlah pembeli meningkat, pemilik dapat mempekerjakan 1-2 karyawan.

Tips Sukses Usaha

1. Membuat Data Keuangan
Catatan keuangan bisa digunakan untuk mengetahui berapa jumlah modal yang digunakan, biaya operasional sehari-hari yang digunakan, dan laba yang diperoleh. Selain itu, catatan keuangan juga bisa dipakai Untuk mengajukan peminjaman modal, data keuangan juga dapat menjadi penentu diterima atau tidaknya pengajuan tersebut. Catatan tersebut bisa menjadi jaminan.
2. Menentukan Harga Jual
Pastikan harga jual bersaing dengan para penjual es buah yang lainnya. Hampir semua bisnis ini memiliki cukup banyak competitor. Oleh sebab itu harga merupakan salah satu faktor terpenting untuk bisa mengalahkan pesaing.
3. Kelola Pekerja Dengan Benar
Sesuai jumlah pekerja dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan, karena jika kebanyakan pekerja menjadikan tidak efektif. Tambahlah jumlah pekerja ketika bisnis Anda sudah berkembang.
Upah pekerja alangkah baiknya disebandingkan dengan kemajuan usaha. Kenaikan gaji dan penambahan bonus disingkronkan dengan peningkatan omzet.
4. Sisihkan Keuntungan Untuk Pengembangan Usaha
Laba yang diperoleh wajib disisihkan, antara lain untuk menyiapkan pengganti peralatan bisnis yang telah rusak atau yang sudah menurun kegunaanya dan untuk memperbesar usaha.
5. Membuat Rasa yang Unik
Pada umumnya tempat bisnis dikenal karena mempunyai menu atau cita rasa yang unik ketimbang yang lainya.
6. Berikan Service yang Professional
Meski hanya bisnis kecil-kecilan, layanan harus tetap maksimal. Mendahulukan pembeli yang datang lebih dulu, dan selalu bersikap baik kepada pelanggan merupakan salah satu contoh pelayanan yang profesional serta memuaskan konsumen.
7. Membuka Cabang Bisnis
Membuat cabang memberikan beberapa keuntungan. Diantaranya produk yang dijual dan brand usaha jadi lebih familiar di masyarakat. Membuka cabang tidak mesti memakai modal pribadi. Dapat memakai sistem bagi hasil memakai modal tambahan dari investor atau menggunakan sistem waralaba merupakan jalan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis.
8. Memperhatikan Kebersihan dan Kerapihan
Menjaga kebersihan menjadi aspek yang sangat penting bagi bisnis Anda. Kebersihan yaitu meliputi kebersihan perlengkapan, tempat dan minuman.
9. Kerja Keras, Cerdas, dan Kreatif
Tidak ada cara lain untuk dapat mewujudkan mimpi untuk bisa mempunyai usaha yang besar, selain dari memulainya untuk bekerja keras serta kerja cerdas untuk dapat membuatnya lebih besar.
Inovasi harus selalu dikembangkan untuk membuat hal-hal baru pada usaha yang dilakukan. Seluruh aspek usaha di mulai dari produk, pelayanan, harga, sampai cara penanganan karyawan terus digali sampai didapatkan yang paling baik.
ASPEK KRITIS PADA KESUKSESAN USAHA
1. Buah-buahan Tidak Bisa Bertahan Lama
Beberapa buah hanya tahan beberapa hari sebelum pada akhirnya membusuk. Kondisi ini menjadi kendala dalam menjalankan usaha es buah. Terkadang buah terlanjur membusuk sebelum habis terjual. Oleh karena itu, penjual es buah harus bisa memperkirakan jumlah buah yang akan dijual dan tingkat kematangannya.
2. Musim Hujan
Faktor cuaca juga berdampak kepada ketersediaan aneka jenis buah, selain itu pada musim hujan, usaha ini mungkin akan mengalami berkurangnya penjualan.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-kuliner-es-buah/
https://ramesia.com/

Cara Mudah Membuka Bisnis Kebab Ala Rumahan


Kebab merupakan sebutan makanan atau camilan untuk macam daging yang ditusuk kemudian dipanggang atau dibakar. Hidangan kebab ini berasal dari daerah Timur Tengah, tepatnya dari Turki. Makanan Timur Tengah ini sesungguhnya sudah akrab di lidah masyarakat kita yang pada umumnya banyak yang menyukai makanan ini.

Makanan kebab ini sudah sangat populer dengan makanan fast food yang memiliki kandungan gizi yang bagus sehingga untuk memakannya menimbulkan rasa kenyang . Walau terbilang sebagai jenis makanan fast food, namun jenis makanan yang satu ini tidak menghasilkan kolesterol yang tinggi karena cara pengolahannya tidak digoreng melainkan dengan cara dipanggang. Kepopuleran kebab didukung dengan cara untuk memakan kebab yang tidak menyulitkan dan sangat nikmat dimakan saat kapanpun serta di manapun.

Cara Memulai Bisnis Kebab yang Laris
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, wisata kuliner telah menjadi bagian dari life style masyarakat di tanah air dan selain hidangan asli dari tanah air, kuliner-kuliner negara lainnya seperti kebab atau hot dog juga sangat digemari oleh masyarakat kita. Bagi Anda yang berminat memulai wirausaha kebab dengan sistem waralaba, berikut ini adalah tips-tips bagi Anda.

Baca juga  Mencicipi Peluang Usaha Jus Strawberry Dengan Keuntungan yang Tinggi
1. Melakukan Promosi

Salah satu kelebihan sistem bisnis adalah dengan cara membeli lisensi suatu merek tertentu Anda serta turut membeli konsumen merk tersebut. Ini dikarenakan brand yang sudah dikenal dan populer di masyarakat pastinya membuat orang-orang tersebut lebih percaya dan memilih produk tersebut dibandingkan merek lain yang kurang dikenal.

Untuk menaikkan penjualan, Anda harus melakukan promosi dengan mempublikasikan lokasi bisnis Anda. Media sosial dan digital marketing adalah cara paling mudah yang bisa menjadi pilihan untuk mengiklankan usaha kebab Anda.

2. Kerjasama yang Baik

Setelah mendapatkan lisensi suatu merk waralaba jangan pernah segan atau ragu untuk bertukar pikiran dengan franchisor. Selain itu keuntungan dari sistem bisnis ini adalah Anda mendapat guru secara langsung untuk menyukseskan usaha Anda atau mencarikan solusi bila menghadapi suatu masalah.

3. Kontrol Lokasi

Lokasi berjualan yang strategis adalah salah satu faktor yang tak boleh dilupakan agar bisnis yang Anda rintis sukses meraih kesuksesan. Karena itu pastikan dengan maksimal untuk memilih lokasi terbaik yang tepat dengan segmentasi pasar Anda. Salah satu cara bisnis waralaba kebab bisa sukses adalah memilih tempat yang menjadi pusat aktivitas anak muda mengingat penggemar makanan ini sebagian besar adalah para anak muda atau dewasa. Kampus, sekolah, mall, bioskop, atau pusat kegiatan remaja yang bisa menjadi pilihan yang bijak.

4. Menerapkan Sikap Mental yang Tepat

Dalam menjalankan bisnis di berbagai bidang, satu-satunya cara untuk bisa meraih kesuksesan adalah menerapkan mind set yang benar, yaitu pantang menyerah dan terus optimis dalam menjalankan proses bertumbuhnya bisnis Anda. Walaupun dalam sistem waralaba sudah disediakan sistem bisnis yang telah teruji kesuksesannya tetapi Anda tetap harus terus berusaha keras untuk menjadikan bisnis Anda sukses. Jangan mengira bahwa menjalankan usaha waralaba itu berarti Anda bisa bersantai-santai saja dan uang akan mengalir sendiri ke kantong Anda.

No comments:

Post a Comment

Peluang Bisnis Usaha Kebab Masuk Murah

Dalam pemasarannya bisnis kebab sendiri dijual dalam berbagai ukuran. Tentu Anda akan makin dimudahkan dalam menjangkau para pelanggan Anda ...