Membuat Adonan Goreng Pisang

. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang padat (dough)
Tepung sebagai bahan utama biasanya dicampur air serta bahan-bahan lain seperti ragi, telur, lemak, garam sebelum diuleni dengan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket) dan bisa dibentuk, contohnya: Cara Membuat Adonan Goreng Pisang pizza, tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, berbagai jenis kue kering, dan kulit untuk berbagai jenis dimsum (bakpao, siomai, lumpia).

. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang encer (batter)
Bahan tepung dalam pembuatan Cara Membuat Adonan Goreng Pisang encer biasanya tidak dicampur dengan air, melainkan dicampur dengan gula, telur, atau susu sebelum dicampur dengan tangan atau mesin hingga membentuk cairan yang encer dan kental seperti krim, contohnya: Cara Membuat Adonan Goreng Pisang bolu, panekuk, wafel, pudding, cake, berbagai varian kue kering, beberapa varian roti, dan beraneka ragam gorengan.

Namun bila ditinjau dari bahan dasar serta cara pembuatannya, Cara Membuat Adonan Goreng Pisang bisa dibagi menjadi beberapa macam:

. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang pasir
Cara Membuat Adonan Goreng Pisang pasir ialah Cara Membuat Adonan Goreng Pisang yang cara pembuatannya menggunakan dua buah pisau dapur yang dicincang kecil-kecil hingga menyerupai butiran pasir dan dimatangkan dengan cara dibakar/dioven. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang pasir dapat dibagi menjadi 2 antara lain :

a. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang pasir rasa manis

Cara Membuat Adonan Goreng Pisang pasir rasa manis menggunakan bahan utama tepung terigu, margarin, gula halus, dan kuning telur.

Contoh: Nastar, bola nanas, putri salju, moka salju dll.

b. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang pasir rasa asin

Cara Membuat Adonan Goreng Pisang short pastry menggunakan bahan utama tepung gandum, mentega, sedikit garam serta kuning telur.

. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang rebus
Cara Membuat Adonan Goreng Pisang rebus adalah Cara Membuat Adonan Goreng Pisang yang proses pembuatannya dengan cara direbus dan dimatangkan dengan cara direbus atau dikukus, digoreng dan dioven.

Contoh Cara Membuat Adonan Goreng Pisang rebus: Berbagai jenis kue sus, Bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue, jenang.

. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang Lembaran
Cara Membuat Adonan Goreng Pisang lembaran ialah Cara Membuat Adonan Goreng Pisang yang cara membuatnya dengan ditipiskan atau digiling hingga menyerupai lembaran dan dimatangkan dengan cara digoreng atau dioven.

Cara Membuat Adonan Goreng Pisang Lembaran dibagi menjadi 2 macam:

a. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang (Pie)

Cara Membuat Adonan Goreng Pisang Pie) menggunakan bahan dasar tepung gandum, mentega dingin, air dan garam yang diselesaikan dengan dioven dan berfungsi untuk kulit kue.

b. Cara Membuat Adonan Goreng Pisang Feuillete/Bladerdeeg

Cara Membuat Adonan Goreng Pisang ini menggunakan bahan dasar terigu, korsvet (lemak padat) dan air es sehingga menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang diselesaikan dengan cara digoreng atau dioven.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-goreng-pisang/
https://ramesia.com/

 Buka Bisnis Es Batu

Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Dalam bahasa inggris pun kedua es tersebut hanya dipisahkan oleh kata “dry”, satu dinamai ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya memiliki kesamaan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dari air biasa atau H2O yang didinginkan. Sedangkan es kering atau dry ice merupakan CO2 atau karbondioksida yang dipadatkan.

Dengan adanya teknologi freezer, pembuatan es batu di zaman ini sangat gampang. Kita tinggal hanya menaruh air di freezer dan membiarkannya hingga beku. Freezer pun sekarang bermacam-macam, mulai dari yang kecil untuk keperluan pribadi, sampai freezer yang berukuran besar untuk keperluan industri.

Keperluan Individual dan Pasar akan Es Batu
Es batu sekarang ini sudah nyaris menjadi kebutuhan utama. Baik kebutuhan bagi pribadi ataupun pasar. Bagi individu, es batu dibutuhkan untuk membuat minuman atau mendinginkan makanan. Sedangkan bagi industri atau pasar, es batu digunakan untuk menciptakan produk atau menjadi pengawet produk. Misalnya seperti sekedar sebagai pendingin dari minuman es hingga menjadi pengawet dari ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Potensi Usaha Es Batu
Bisa jadi tidak banyak yang tahu, bahwa ternyata lumayan banyak permintaan es batu di pasaran. Memang, jika hanya melihat usaha “jual es batu” rumahan yang biasanya terdapat di pinggir jalan atau rumah-rumah, tak terlihat bahwa usaha tersebut begitu menghasilkan. Tetapi yang harus kita perlu untuk ketahui adalah usaha es batu tidak hanya terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Manfaat Sosis Ikan Tuna yang Perlu Anda Ketahui
Di rumah makan atau restoran misalnya kita ambil contoh. Rumah makan memerlukan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Di samping itu restoran juga memakai es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti misalkan Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum diproses adalah supaya ikan tidak busuk.

Di samping restoran kita bisa ambil contoh di usaha perikanan. Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan harus lah tetap segar sampai terjual kepada pembeli agar terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan berkurang atau hilang karena suhu. Sehingga Ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan itu adalah dengan memasukannya dalam wadah tertutup atau box yang mempunyai suhu dingin. Dan cara untuk membuat dingin suhu di wadah atau box tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Oleh karena itu keperluan pasar akan es batu tidak bisa dibilang kecil. Maka harus ada yang memenuhi permintaan sekaligus peluang usaha es batu ini.

Ruth Harso, pemilik Ice Cube Crystal bisa menghasilkan kurang lebih 10 ton es batu kristal per hari. Es tersebut ia hargai seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga tersebut ia dapat mendapat profit hingga lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga melakukan usaha es batu kristal. Beliau memproduksi 4 ton es batu kristal setiap hari. Es batu tersebut dia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan itu ia meraup profit hingga 20%.

Ahmad berkata bahwa pengguna es batu kristal tak hanya terbatas pada restoran dan rumah makan saja. Orderan es batu dapat muncul dari pagelaran event-event, misalkan seperti Java Jazz. Event-event seperti Java Jazz dapat membutuhkan es batu sampai 10 ton per hari.

Di 2 contoh keberhasilan usaha es batu di atas yang kami kutip dari peluangusaha.kontan.co.id, bisa kita ambil kesimpulan bahwasannya usaha es batu mempunyai potensi keuntungan yang tidak kecil.

Baca juga  Potensi dari Peluang Usaha Es Bubur Buah di Rumah
Kebutuhan dalam Menjalankan Usaha Es Batu
Tempat
Modal yang pertama wajib kita adakan adalah modal tempat. Meskipun barang es batu ini tak terlalu begitu, tetapi bila kita sudah bermain di tingkat “ton-ton-an” tentu harus mempunyai tempat yang luasnya memadai. Bahkan di samping bangunan yang memadai, kita juga memerlukan bangunan yang bersih dan terjaga suhunya. Tentu jika tempat tidak bersih dapat menimbulkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas akan membuat es tak tahan lama.


No comments:

Post a Comment

Peluang Bisnis Usaha Kebab Masuk Murah

Dalam pemasarannya bisnis kebab sendiri dijual dalam berbagai ukuran. Tentu Anda akan makin dimudahkan dalam menjangkau para pelanggan Anda ...