Membuat Sari Buah Apel Nikmat

Warna buah sangat cepat berubah disebabkan dampak sinar matahari dan pemotongan, dan akibat pengaruh biologis (jamur) mengakibatkan buah mudah menjadi busuk. Oleh karena itu pengolahan buah untuk memperpanjang masa simpannya sangat penting.

Buah bisa diolah menjadi berbagai kemasan minuman semisal saribuah, anggur dan makanan lain seperti dodol, keripik, manisan dan selai.

Sari buah adalah cairan yang diperoleh dari penghancuran buah segar yang telah masak. Pada dasarnya sari buah ada 2 jenis, yaitu :

1) Sari buah encer yang bisa langsung dikonsumsi, yaitu cairan buah yang diperoleh dari pemersan daging buah, lalu diteruskan menggunakan penambahan air serta gula pasir.
2) Sari buah pekat / Sirup, adalah cairan yang diperoleh dari pengepresan daging buah dan diteruskan dengan proses pemekatan, bisa dengan proses pendidihan biasa ataupun dengan cara lain seperti penguapan dan lainya.

Cairan sirup ini tidak dapat langsung diminum, tapi harus diencerkan dulu menggunakan air putih. Buah-buahan yang suka dibuat menjadi sari buah atau sirup antara lain : asam, jahe , nangka, markisa, kueni, tomat, wortel, sirsak, mangga, jambu biji, pisang, pala semua jenis jeruk, dan lain-lain. Sari buah atau sirup buah dapat tahan selama kurang lebih tiga bulan.

1. BAHAN

1) Buah segar : 5 kg
2) Gula pasir halus kusus untuk sirup 1 ¼ kg : 125 gr
3) Asam sitrat : 3 gram / lt sari buah
4) Natrium benzoat : 1 gr
5) Garam : 20 gr
6) Air seperlunya

2. Alat yang Digunakan

1) Pisau buah
2) Panci
3) Alat Parutan kelapa
4) Pengaduk
5) Tungku atau kompor
6) Botol dan tutup yang telah disterilkan
7) Kain saring atau kain blacu
8) Corong
9) Wadah besar

3. CARA PEMBUATAN

1) Pilih buah yang sudah tua, segar dan matang selanjutnya cuci dengan air bersih;
2) Potonglah buah sampai menjadi kecil-kecil;
3) Parut buah hingga menjadi bubur; * Kemudian peras airnya
4) Tambahkan asam, sitrat, benzoate, natrium, gula pasir, air dan garam dapur. Perbandinganya sari buah dengan air ialah seperti berikut :
– Buah jeruk (untuk satu liter sari buah campur dengan 1 ½ liter air)
5). Aduk sampai merata. Selanjutnya pengerjaan pengolahan sari buah (6-9) :
6) Saring campuran tersebut menggunakan saringan;
7) Masukkan hasil penyaringan ke dalam botol dan tutup rapat. Endapan hasil penyaringan bisa diolah sebagai bahan baku pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain sebagainya;
8) Masukkan botol yang telah ditutup rapat ke dalam air mendidih selama 30 menit;
9) Angkat botol tersebut dan segera dinginkan.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-sari-buah-apel-nikmat/
https://ramesia.com/

No comments:

Post a Comment

Peluang Bisnis Usaha Kebab Masuk Murah

Dalam pemasarannya bisnis kebab sendiri dijual dalam berbagai ukuran. Tentu Anda akan makin dimudahkan dalam menjangkau para pelanggan Anda ...