Cara Membuat Adonan Es Puter

Jika ingin membangun bisnis di bidang makanan tentu tidak akan lepas dari yang namanya Cara Membuat Adonan Es Puter. Cara Membuat Adonan Es Puter merupakan hasil percampuran bahan baku sebelum diolah dengan cara dikukus, digoreng, dipanggang atau didinginkan di lemari es.

Jika ditinjau dari komposisi bahannya, Cara Membuat Adonan Es Puter dapat dibagi menjadi 2 jenis:

1. Cara Membuat Adonan Es Puter padat
Bahan utama Cara Membuat Adonan Es Puter padat adalah tepung yang dicampur dengan air dan bahan lain seperti ragi, telur, lemak, garam sebelum diuleni menggunakan tangan atau mesin sehingga kalis (tidak lengket) dan dapat dibentuk, contohnya: Cara Membuat Adonan Es Puter pizza, tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, berbagai jenis kue kering, dan kulit untuk berbagai jenis dimsum (siomai, lumpia, bakpao).

2. Cara Membuat Adonan Es Puter encer
Tepung sebagai bahan utama biasanya tidak dicampur air, tapi dicampur dengan gula, telur, atau susu sebelum dicampur (dikocok) menggunakan mesin atau tangan sampai membentuk cairan yang encer dan kental seperti krim, contohnya: Cara Membuat Adonan Es Puter wafel, pudding, cake, bolu, panekuk, beberapa varian kue kering, beberapa jenis roti, dan berbagai jenis gorengan.

Namun bila dilihat dari bahan-bahan serta pembuatannya, Cara Membuat Adonan Es Puter dapat dikategorikan dalam beberapa jenis:

1. Cara Membuat Adonan Es Puter pasir
Cara Membuat Adonan Es Puter pasir adalah Cara Membuat Adonan Es Puter yang proses pembuatannya memakai 2 buah pisau dapur yang dipotong halus hingga menyerupai butiran pasir dan diselesaikan dengan cara dibakar atau dioven. Cara Membuat Adonan Es Putar pasir dapat dibagi menjadi 2 antara lain :

2. Cara Membuat Adonan Es Puter pasir rasa manis (Sugar pastry)
Cara Membuat Adonan Es Puter pasir rasa manis menggunakan bahan dasar terigu, margarin, gula halus, dan kuning telur.

Contoh: Nastar, bola nanas, putri salju, moka salju dll.

a. Cara Membuat Adonan Es Puter pasir rasa asin

Cara Membuat Adonan Es Puter short pastry menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega, sedikit garam dapur serta kuning telur.

Baca juga  Cara Memotong Daging Kambing yang Benar tanpa Perlu Ribet
Contoh: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

b. Cara Membuat Adonan Es Puter rebus

Cara Membuat Adonan Es Puter rebus ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang cara pembuatannya dengan direbus dan diselesaikan dengan cara direbus atau dikukus, digoreng dan dioven.

Contohnya: Macam-macam kue sus, Bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue, jenang.

3. Cara Membuat Adonan Es Puter Lembaran
Cara Membuat Adonan Es Puter lembaran ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang cara pembuatannya dengan digiling atau ditipiskan hingga menyerupai lembaran dan dimatangkan dengan cara digoreng atau dioven.

Cara Membuat Adonan Es Puter Lembaran dibagi menjadi 2 macam:

a. Cara Membuat Adonan Es Puter Pai (Pastei)

Cara Membuat Adonan Es Puter Pie) menggunakan bahan baku terigu, margarin dingin, garam dan air yang dimatangkan dengan dioven dan berguna sebagai kulit kue.

b. Cara Membuat Adonan Es Puter Feuillete/Bladerdeeg

Cara Membuat Adonan Es Puter Feuillete menggunakan bahan baku tepung terigu, korsvet (lemak padat) serta air dingin sehingga akan menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang dimatangkan dengan cara dioven atau digoreng.

Contoh: Roti amandel, kue puff pastry, kue roomhorn, dll.

4. Cara Membuat Adonan Es Puter goreng
Cara Membuat Adonan Es Puter goreng ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang dimatangkan dengan cara digoreng.

Cara Membuat Adonan Es Puter goreng ada tiga macam antara lain:

a. Cara Membuat Adonan Es Puter goreng biasa

Cara Membuat Adonan Es Puter goreng biasa menggunakan bahan baku tepung beras, tepung terigu atau tepung ketan dan air (air biasa atau air santan).

Contohnya: Pisang goring, mendoan, rempeyek, keripik tempe, dll.

b. Cara Membuat Adonan Es Puter fritur

Cara Membuat Adonan Es Puter fritur adalah Cara Membuat Adonan Es Puter goreng yang pembuatannya didadar terlebih dahulu.

Contohnya: Macam-macam risoles atau lumpia.

c. Cara Membuat Adonan Es Puter beignet

Cara Membuat Adonan Es Puter beignet ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang menggunakan bahan dasar terigu, telur, dan susu. Cara Membuat Adonan Es Puter beignet bentuknya agak kental dan biasanya digunakan untuk menggoreng berbagai macam seperti pisang, nangka, apel dan nanas.

5. Cara Membuat Adonan Es Puter bolu
Cara Membuat Adonan Es Puter bolu ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang cara pembuatannya dengan dimixer atau dikocok dan dimatangkan dengan cara dioven atau dikukus.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-es-puter/

Bisnis Keripik, Makanan Ringan Lezat yang Kaya Akan Peminat


Usaha makanan ringan keripik dapat menjadi sebagai usaha yang tepat untuk Anda kelola. Makanan ringan keripik menjadi salah satu bentuk kuliner yang banyak tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Dan tidak sedikit orang yang ingin menjalankan usaha tersebut.

Bisnis makanan ringan keripik menjadi usaha yang sangat prospektif ke depannya. Karena makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat saat sedang bersantai, menonton tv, begadang, menonton bioskop, belajar atau saat melakukan aktivitas lainnya.

Akan tetapi, apabila Anda hanya melihat tanpa melakukan tindakan dalam bisnis ini tentu akan belum meyakinkan. Oleh sebab itu Anda mesti mencoba dan menggerakkan bisnis tersebut sebagai salah satu usaha Anda.

Sebenarnya dengan menjalankan usaha makanan ringan akan membuat Anda maju dan berkembang sebab penghasilan yang bisa diperoleh lumayan besar. Bahkan, jika Anda pintar mengkreasikan bentuk makanan ringan keripik Anda, secara tidak langsung usaha Anda akan mudah mengembang dan sukses.

Oleh karena itu memilih makanan ringan keripik sebagai usaha Anda merupakan pilihan yang sangat tepat.

Selain itu, usaha makanan camilan keripik merupakan usaha berskala rumah tangga yang mempunyai prospek sangat menjanjikan untuk saat ini maupun di masa depan.

Penawaran pasar untuk makanan ringan keripik selalu mengalir dan bertambah. Hal itu dikarenakan para penikmat makanan camilan tidak hanya anak kecil saja, melainkan banyak orang diantanyanya remaja, dewasa hingga orang tua.

Untuk itu jangan mengherankan jika para pebisnis makanan keripik yang biasanya disajikan untuk selingan ketika hendak melakukan aktivitas ini sering kali kebanjiran orderan.

Apalagi jika melihat banyaknya bentuk makanan ringan keripik di negeri ini yang dijual dengan harga yang bermacam-macam, menjadikan peluang usaha makanan ringan keripik ini semakin terbuka lebar bagi Anda yang baru saja akan memulai usaha ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadikan peluang bisnis makanan ringan keripik, hendaknya membuat perencanaan dan persiapan yang matang seperti melakukan beberapa riset dan menganalisa pasar untuk mengetahui makanan ringan apa yang diminati pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Baca juga  Bisnis Makanan Ringan Ibu Rumah Tangga Tak Perlu Banyak Modal
Kiat Keberhasilan Seorang Pemula dalam mengelola Usaha Makanan Ringan Keripik
Bisnis makanan ringan keripik membutuhkan keuletan dan pengelolaan yang baik. Mayoritas pengusaha makanan ringan keripik yang berhasil merupakan pebisnis yang telah lama berbisnis sehingga memiliki pelanggan tetap, terlebih lagi makanan ringan keripik yang dijual benar-benar inovatif dan rasanya yang enak karena kunci utama bagi para pemula usaha makanan ringan keripik yaitu kreatif dan inovatif.

Ada beberapa faktor yang bisa memberikan dampak keberhasilan seorang pendatang baru dalam usaha makanan ringan keripik, antara lain sebagai berikut:

Makanan Camilan keripik yang Anda Pasarkan Mempunyai Kualitas Bagus
Makanan ringan keripik yang akan dijual mesti mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan baku yang digunakan, segi pengolahan maupun dari segi pengemasan.

Bahan dasar yang dipakai benar-benar bersih dan tak mengandung zat berbahaya. Cara pembuatannya pun harus sesuai prosedur. Misal, goreng makanan ringan Anda dengan minyak yang sudah teruji dan diganti secara teratur. Kemudian kemaslah makanan ringan keripik yang telah selesai digoreng dengan menggunakan kemasan yang bagus dan menarik.

Harus Memiliki Banyak Inovasi yang Baik Dalam Produk Maupun Cara Pemasarannya
Pebisnis camilan keripik yang berhasil merupakan pengusaha yang selalu kreatif dalam menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga menjadikan produk Anda lebih mudah dicari dan bisa dibedakan oleh para konsumen.

Oleh sebab itu tidak masalah apabila produk yang dijual sudah banyak di disetiap tempat, asalkan produk yang Anda jual tersebut berbeda dengan produk yang telah ada saat ini.

Ciptakan keakraban dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas Mereka
Berikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan customer tersebut. Tinggalkan kesan yang bagus kepada pembeli, sehingga customer dengan mudah untuk mampir kembali.

Selain itu gunakanlah media sosial untuk mempromosikan produk makanan camilan Anda agar dapat menciptakan hubungan yang dekat dengan customer, karena hal ini akan menimbulkan dampak positif, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut customer.
Promosi dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring customer baru serta meningkatkan penjualan.

Baca juga  Tips Memulai Bisnis ala Restoran Artis
Memiliki Strategi Penjualan yang Bagus
Memiliki Strategi marketing yang baik akan mempengaruhi keberhasilan usaha Anda kedepannya, karena itu, sebagai perintis bisnis makanan ringan,Anda harus mampu memakai strategi marketing yang bagus serta mampu membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan omset Anda. Seperti memberi potongan harga, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara cuma-cuma kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.

Visioner, Think Big, Think Positive
Memiliki visi dan misi serta berpikir positif dalam berbisnis adalah suatu kewajiban. Dalam menjalankan suatu bisnis diwajibkan untuk menyambut pembeli dengan ramah kepada pembeli.

No comments:

Post a Comment

Peluang Bisnis Usaha Kebab Masuk Murah

Dalam pemasarannya bisnis kebab sendiri dijual dalam berbagai ukuran. Tentu Anda akan makin dimudahkan dalam menjangkau para pelanggan Anda ...